Pangkalpinang

PJ Walikota Lusje : Gotong Royong Bersama Edukasi Kebersihan Lingkungan dan Bank Sampah Kecamatan Tamansari.

Lintasan-Pangkalpinang. Penjabat (Pj) Wali Kota Pangkalpinang Lusje Anneke Tabalujan mengikuti kegiatan Gotong Royong di Gang Buntu Kelurahan Opas Indah, Kecamatan Taman Sari Kota Pangkalpinang, Jumat (2/1/24) Gotong Royong Bersama Edukasi Kebersihan Lingkungan dan Bank Sampah Kecamatan Tamansari.

Hadir Asisten Pemerintahan & Kesra, Ka. Dinas Lingkungan Hidup, Ka. Dinas Perkim, Ka. Dinas Pendidikan & Kebudayaan, Bagian Protokol & Komunikasi Pimpinan, Camat Taman Sari, Lurah Se-Kecamatan Taman Sari.

Gotong royong ini digelar bersama dengan siswa-siswa dari tiga Sekolah Dasar (SD) yang ada di Kelurahan Opas, Ialah SD Negeri 18, SD Negeri 37 dan SD Negeri 4 Pangkalpinang.

“Alhamdulillah ada inisiasi dari Camat dan Lurah untuk kumpul anak-anak Sekolah, tiga Sekolah Dasar (SD) ini menginisiasi anak untuk membuang sampah pada tempatnya dan menjaga lingkungan,” sebut Lusje.

Lusje sampaikan bahwa lingkungan di Opas Indah sendiri sudah bersih, namun memang di area sungai ada sebagian itu ternyata masuk pada penanganan Badan Wilayah Sungai (BWS) Bangka Belitung (Babel).

“Tolong kepada BWS untuk bersihkan, karena itu bukan kewenangan Pemerintah Kota Pangkalpinang. Nanti kita akan usulkan ke BWS,” katanya.

Menurutnya, kesadaran masyarakat Pangkalpinang tentang kebersihan itu mulai menggeliat, bagaimana seperti yang bisa dilihat lingkungan yang tadinya tidak bersih sekarang menjadi bersih.

Plt. Camat Taman Sari, Deka Sri Wahida mengatakan, kegiatan ini pada dasarnya dipelopor oleh tiga Sekolah Dasar, dan dengan kolaborasi yang telah terjalin, ia pun ingin jika siswa dari tiga SD ini perduli terkait sampah.

“Terlebih kegiatan ini sangat disambut baik, dari Pj Wali Kota juga sangat antusias ketika saya mengabarkan memberikan undangan kepada beliau, dan Alhamdulillah beliau langsung antusias dan bilang bisa hadir,” ujarnya.

Deka mengaku untuk kegiatan hari ini pihaknya lebih konsetrasinya terhadap penanganan sampah plastik. Hal ini bentuk dukungan Kecamatan Taman Sari kepada program Pj Wali Kota dan juga untuk penanganan banjir di Kecamatan Taman Sari.

Sementara untuk Kelurahan lain di Kecamatan Taman Sari sendiri sudah menerapkan kegiatan gotong royong dan pas hari ini Jumat bersih, pungkasnya.

[Lintasan /Redaksi]

Leave a Reply