Bangka Belitung

KPU Pangkalpinang Terima Bendera Kirab Pemilu 2024

PANGKALPINANG,LB — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pangkalpinang menggelar acara Seremoni dan Serah Terima Bendera Kirab Pemilihan Umum Tahun 2024, atau setahun menuju hari pemungutan suara, di Halaman Kantor KPU Pangkalpinang, Selasa, (7/3/2023).

Kirab Pemilu Tahun 2024 telah diluncurkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia Hasyim Asy’ari. Kegiatan juga sekaligus deklarasi pemilu sebagai integritas bangsa dan melepaskan Tim Kirab yang akan mengawal bendera partai politik, serta para peserta Pemilu tahun 2024. Dengan tema “Pemilu sebagai Sarana Integrasi Bangsa di 38 provinsi dan 514 kabupaten/kota”.

Pelaksanaan Kirab Pemilu tahun 2024 ini dilakukan secara estafet, dimulai tanggal 14 Februari 2023 dari 7 provinsi, pertama Provinsi Banda Aceh, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur dan Provinsi Papua, dan seluruh wilayah yang ada di Indonesia. Pelaksanaan Kirab Pemilu ini akan berakhir di Kantor KPU Jakarta pada tanggal 25 November 2023.

Ketua KPU Kota Pangkalpinang, Penti mengatakan, tujuan peluncuran Kirab Pemilu tahun 2024 ini, untuk mensosialisasikan dan memperkenalkan partai politik serta para peserta pemilu Tahun 2024, dengan seluas-luasnya kepada masyarakat.

“Melalui Kirab Pemilu ini juga akan memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai proses tata cara teknis penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 mendatang. Serta sebagai upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat baik itu kualitas maupun kuantitas,”kata Penti didampingi Komisioner KPU Pangkalpinang, Ruslan.

Selain itu, lanjut Penti, pelaksanaan Kirab Pemilu ini sebagai bentuk penyegaran semangat dalam upaya untuk mewujudkan penyelenggaraan pemilu yang bersih, sehat dan kondusif.

“Dengan demikian KPU Kota Pangkalpinang menerima bendera kirab dari KPU Kabupaten Bangka, pada hari kedua sampai dengan 6, KPU Kota melaksanakan kegiatan Sosdiklih kepada masyarakat dengan cara mendatangi tempat keramaian seperti Pasar, Alun-Alun Taman merdeka, taman Dealova dan sekolah,”Sebutnya.

Penti juga meminta, untuk seluruh pihak yang terlibat pada pelaksanaan pemilu tersebut, diminta untuk melakukan persiapan dengan sebaik-baiknya.

“Supaya penyelenggaraan pemungutan suara di Kota Pangkalpinang dapat dilakukan dengan aman, lancar dan sukses,”ucapnya.

[lintasan / sumber ]

Leave a Reply