Pangkalpinang

Kantor lembaga Bahasa Negara Laksanakan Rakor Pengutamaan Bahasa Negara Pada Lembaga di Kota Pangkalpinang

PANGKALPINANG,LB – Bertempat di Hotel Bangka City Pangkalpinang Kantor Bahasa Prov Kep. Bangka Belitung laksanakan Rapat Koordinasi Penguatan Bahasa Negara Pada Lembaga di Kota Pangkalpinang.

Peserta yang hadir adalah lembaga – lembaga seperti kantor dan selolah dan lembaga swasta, Drs. Akmad Subekti, MM Asisten asministrasi Pemerintahan Dan Kesra hadir sebagai nara sumber didampingi Dr.Hj. Etty Fahriaty S.Pd.I Kadis Perpustakaa. Dan Kearsipan Kota Pangkalpinang yang selalu membantu lembaga bahasa .

M.Irsan,SS.M.Hum kepala Kantor Bahasa Provinsi Bangka Belitung dalam sambutannya acara ini bahwa penggunaan bahasa Indonesia juga diatur dalam perpres.

Kegiatan ini adalah tindak lanjut mulai dari tahun 2022 yang lalu dimana setiap kepala balai gunakan 3 prinsip yaitu fokus, berkelanjutan dan kemitraan sampai tahun 2024 dirancang dengan multi tahun .

Tujuan kegiatan ini agar bahasa Indonesia menjadi bahasa utama di ruamg publik dan naskah dinas sehingga akhirnya Prop Babel khususnya Kota Pangkalpinang sebagai contoh praktik baik penggunaan bahasa di Indonesia sehingga baru 3 wilayah yang dipilih yaitu Kota Pangkalpinang, Kab Bangka dan Kab Bangka Tengah sebagai objek pembinaan kami sebagai mitra dalam pembinaan Bahasa Indonesia pada masyarakat.

Ada 15 lembaga dimana pemda termasuk sekretariat daerah, dinkes, kominfo, instansi swasta seperti KIM. Hotel Bangkacity dan sekolah diantaranya SMA 1 dan SMPN 7 dimana ketiga lembaga ini paling dekat dengan masyarakat

Dinas perpustaaan dan kerasipan kota Pangkalpinang sudah baik dalam penggunaan bahasa sehingga bisa menjadi contoh bagi dinas lainnya , pungkasnya .

Drs. Akmad Subekti,MM membuka acara koordinasi bahasa negara di lembaga Kota Pangkalpinang (20/03/2023)

Akmad Subekti dalam pembukaan acara sampaikan bahwa kegiatan ini bagus tetapi dalam pelaksanaan dalam lembaga masih perlu ditingkatkan yang penting kemauan kita dalam bahasa tulis surat kedinasan .

Dalam penggunaan Bahasa Indonesia harus dicintai dan tidak menimbulkan multi tafsir sehingga muaranya dari acara ini dimana kita bisa ngonsep surat – surat atau naskah yang baik , pungkasnya.

Selanjutnya dilangsungkan penanda tanganan lomitmen bersama lembaga dan badan dengan Kantor Bahasa Negara Provinsi Babel sekaligus dibuka secara resmi.

[Lintasan/dody]

Leave a Reply