Bangka Belitung

Justiar Nur Resmikan Gudang Alat Mesin Pertanian Di Desa Rias

Foto : Bupati Basel, Justiar Nur bersama pejabat Pemkab Basel lainnya saat meninjau situasi gudang alsintan Desa Rias Toboali. (Ist)

BANGKASELATAN,LB – Gudang perbengkelan alat dan mesin pertanian (alsitan) akhirnya diresmikan oleh Bupati Bangka Selatan (Basel), Justiar Nur, Kamis (26/11/2020).

Keberadaan gudang Usaha Pelayanan Jasa Alat dan Mesin Pertanian (UPJA) ini berlokasi di Desa Rias, Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan (Basel).

Usai dibangun, gedung baru perbengkelan Alsintan ini dapat difungsikan oleh lembaga UPJA setempat. Sehingga diharapkan akan diperoleh keuntungan jaminan keberlanjutan penggunaan alat dan mesin pertanian (alsintan) diharapkan dapat menjadi sumber pendapatan UPJA selain dari usaha jasa sewa Alsintan di lingkungan desa setempat.

Bupati Basel, Justiar Nur dalam sambutannya mengatakan jika peresmian gedung perbengkelan alat dan mesin pertanian (alsintan) yang diberikan kepada 10 (sepuluh) UPJA di seluruh indonesia berdasarkan penilaian oleh team dari balai besar pengembangan mekanisme pertanian (BPP Mektan) Kementrian Pertanian Republik Indonesia.

Lanjutnya, dari 10 jumlah UPJA yang ada di seluruh Indonesia, satu-satunya di provinsi kepulauan Bangka Belitung (Babel) yang ada hanya UPJA Marga Jaya Desa Rias Toboali, Basel.

Tak cuma itu bahkan Bupati Basel ini pun mengatakan jija pembangunan gedung perbengkelan alsintan Desa Rias Toboali ini sesungguhnya memerlukan dukungan pertanian kementrian pertanian APBN Tahun Anggaran (TA) 2020 pada belanja barang bantuan pemerintah (Banpem) yang diserahkan kepada masyarakat.

Ke depannya pun diharapkan pula pengembangan perbemgkelan untuk memdukung optimalisai kinerja UPJA Marga Jaya ini sesungguhnya memerlukan dukungan bengkel alsintan yang berfungsi sebagai tempat perbaikan, perawatan, alsintan dan penyedian suku cadang termasuk sarana penyimpanan peralatan bengkel. Bahkan alsistan (gudang) guna memfasilitasi perbaikan alsintan di Basel.

“Kedepan diharapkan kegiatan ini bisa berkembang lagi demi kemajuan pertanian di Kabupaten Bangka Selatan,” harap Justiar.

Kemudian Ketua UPJA Marga Jaya Desa Rias, Rojim mengatakan perbengkelan Alsintan UPJA Marga Jaya Desa Rias dapat memberikan fasilitas seperti suku cadang alsintan.

“Kesulitan dan tantangan kita di daerah Bangka Selatan ini adalah banyak dari masyarakat yang belum memahami tentang kebutuhan alat ini. Dengan ini kami harapkan mereka memehami kebutuhan alsintan untuk mendukung perekonomian ataupun pangan,” harap Justiar. (Dany)

Leave a Reply