Bangka Belitung

Justiar Nur Berharap Para Kades Dapat Melanjutkan Pembangunan Di Daerah

Foto : Bupati Basel, Justiar Nur saat melantik Kades Penutuk, Kecamatan Lepar Pongok, Basel. (Dany)

BANGKASELATAN,LB – Pejabat kepala desa (Kades) sepatutnya dapat mengemban amanah yang cukup berat untuk melanjutkan arah pembangunan desa serta mencurahkan waktu, tenaga serta pikirannya bagi kemajuan desa sampai dengan terpilihnya kepala desa difinitif dari hasil pemilihan kepala desa serentak nantinya.

“Untuk itu bagi saudara penjabat kepala desa yang baru saja saya lantik saya mengingatkan kepada saudara untuk dapat melanjutkan pembangunan di desa yang telah terangkum dalam perencanaan pembangunan desa dan menghindari adanya konflik kepentingan,” kata Bupati Bangka Selatan (Basel), Justiar Nur, Senin (7/8/2020) di sela-sela acara pelantikan Kades Penutuk di Desa Penutuk, Kecamatan Lepar Pongok, Basel

Selain itu bupati Basel ini pun berpesan agar kades yang telah dilantik itu dapat menjaga kondusifitas, merangkul dan libatkan seluruh elemen masyarakat desa dalam menjalankan tugas kedinasan selaku pejabat kepala desa.

Bahkan ia pun tetal pula mengingatkan agar para kades dapat melaksanakan tugas dan kewajibannya selaku penjabat kepala desa dengan sebaik-baiknya dengan tetap menjaga kode etik pegawai negeri sipil dan berpegang teguh kepada panca prasetya korps pegawai republik imdonesia.

“Begitu pula saya harapkan para kades dapat melanjutkan pembinaan kepada perangkat desa dan lembaga kemasyarakatan yang ada, serta tidak melakukan pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa yang tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” harapnya.

Para kades pun dihimbaunya agar dapat memanfaatkan dan memelihara kekayaan serta aset desa dengan baik dan benar, untuk kepentingan pembangunan desa serta hindari untuk kepentingan pribadi.

Selain itu dapat melakukan pengelolaan keuangan desa dengan tertib, transfaran, akuntable, dan dapat dipertanggungjawabkan dengan sebaik-baiknya.

“Saudara mempunyai kewenangan untuk mengatur kehidupan masyarakat desa yang dituangkan dalam peraturan desa.dengan kewenangan tersebut saudara semestinya bisa lebih kreatif untuk mewujudkan harapan masyarakat dan tidak hanya mengandalkan bantuan pemerintah,” pesan Bupati Basel.

Oleh karenanya, demi terciptanya pelayanan publik sesuai harapan tersebut maka ditegaskan Justiar yakni harus dilandasi dengan dedikasii, loyalitas dan disiplin yang tinggi.aspek-aspek tersebut sangat penting untuk diterapkan, mengingat saat ini masyarakat sangat kritis terhadap kinerja lembaga pemerintahan pada semua tingkatan.

“Untuk itu,saya ingin mengajak kepada seluruh jajaran pemerintah desa, mari kita tunjukan bahwa sebagai pelayan masyarakat menjadi prioritas kita dalam bekerja,” harap Justiar.

Acara ini pun turut dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Basel, Kepala kejaksaan Negeri Basel, Kapolres Basel, Dandim 0413/Bangka, Kepala kementrian agama Basel, Kepala badan pertanahan nasional Basel termasuk pejabat pemda Basel lainnya turut pula hadir. (Dany)

Leave a Reply