Jawa Barat

Hengki Kurniawan bersama awak Media laksanakan Giat Jumsih di Bandung Barat

Lintasan –  Bandung Barat, 16 Juni – Dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Bandung Barat yang ke-16 pada tanggal 19 Juni 2023, Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan, melaksanakan kegiatan Jum’at Bersih (Jumsih) bersama para awak media yang berada di Kabupaten Bandung Barat. Kegiatan ini dilaksanakan di Lapang Plaza Mekarsari pada Jum’at, 16 Juni 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Hengki Kurniawan menyampaikan, “Pada hari ini, kami melaksanakan agenda rutin Jum’at Bersih yang dilakukan dengan lebih maksimal dalam rangka menyambut hari jadi Kabupaten Bandung Barat yang ke-16. Nanti, akan dilaksanakan upacara di Lapangan Pemda Mekarsari.”

“Hari ini, kami sudah membagi zona OPD-OPD (Organisasi Perangkat Daerah) untuk membersihkan area lapangan upacara Mekarsari. Terkait pengelolaan sampah, yang pertama-tama saya sampaikan adalah menjaga lingkungan adalah tanggung jawab kita bersama, bukan hanya Pemda, tapi juga masyarakat. Bagaimana Bandung Barat terlihat indah, masyarakat juga harus menjaga kebersihan. Jangan membuang sampah sembarangan. Taman Pemda yang sehari-harinya dijadikan tempat berteduh, sedangkan sore hari sama masyarakat, taman Pemda dijadikan tempat wisata. Saya berharap dijaga keindahan dan kebersihannya.”

“Dibeberapa titik, saya melihat di jalan utama masih berserakan sampah, dan ternyata ada sebagian masyarakat yang tidak mau membayar iuran sampah. Oleh sebab itu, saya harapkan ke depannya masyarakat tidak keberatan untuk membayar iuran. Kadang bukan karena tidak mampu, hal itu membuat saya merasa prihatin, dan tentu ini juga menjadi PR bagi kita pemerintah daerah. Memang kendala sarana prasarana mobil sampah yang masih kurang.”

“Insya Allah, tahun depan kami juga menganggarkan 6 unit mobil sampah, kemudian penambahan SDM-nya juga kita pikirkan. Kami juga berharap pemerintah desa bisa mengoptimalkan pengelolaan sampah sehingga permasalahan sampah bisa selesai di desa. Harus ada gotong royong dalam penanganan sampah ini.”

Selain itu, dalam rangkaian kegiatan menjelang hari jadi Kabupaten Bandung Barat, di kecamatan-kecamatan sudah dilakukan pemeriksaan kesehatan, khitanan masal, dan nikah masal. Masing-masing Kepala Dinas memberikan bantuan, seperti Dinas Pertanian yang memberikan bantuan beras, dan Dinas Kesehatan yang turun langsung ke kecamatan-kecamatan untuk memberikan pelayanan kesehatan di wilayah KBB. Acara utama akan menjadi upacara yang ditutup dengan Tablig Akbar.

[Limtasan/dadang]

Leave a Reply