Bangka Belitung

Dua Tower Emergency PLN Berhasil Berdiri di Kenten

KAB BANGKA,LB – PLN Bangka Belitung terus mengupayakan penyelesaian pembangunan tower emergency di Kenten, Sumatera Selatan agar permasalahan pemadaman listrik yang terjadi di Pulau Bangka segera teratasi.

GM PLN Induk Unit Wilayah Bangka Belitung Ajrun Karim menyebutkan untuk saat ini proses pembangunan dari 3 tower yang direncanakan, sudah berhasil berdiri 2 tower dan satu sedang dalam proses pengerjaan.

Jika proses pengerjaan berjalan lancar dan cuaca mendukung, pihaknya akan berusaha maksimal dan memprediksikan Minggu 26 Maret 2023, kabel yang ada di Palembang sudah mulai masuk untuk mengaliri jaringan listrik ke Pulau Bangka melalui kabel bawah laut Sumatera – Bangka.

“Yang ketinggiannya 40 meter sebanyak 16 blok, setinggi 40 meter, dua tower sudah selesai, tower yang ketiga sudah selesai 7 blok, jadi masih kurang, sekitar 9 blok lagi, dari 16 blok, setelah itu kita akan persiapkan pemasangan konduktor,” ujar nya, kepada media, Kamis (23/03/23)

Ajrun harapkan dari hasil pengerjaan pendirian 3 tower tersebut, minimal bisa masuk beban dasar yang dibutuhkan pelanggan PLN di Pulau Bangka sekitar 50 – 70 megawatt memenuhi kebutuhan sesuai defisit daya hingga berada di beban puncak penggunaan listrik.

“Setelah pemasangan konduktor kita mulai penarikan kabel, setelah itu, kita melakukan persiapan kondisi layak operasi,” kata Ajrun.

Dengan kondisi itu, dapat mengatasi permasalahan kelistrikan yang terjadi sehingga tidak adanya pemadaman listrik ataupun dapat meminimalisir pemadaman bergilir yang terjadi saat ini terlebih dalam kondisi bulan Ramadan.

Dikatakan Ajrun, pihaknya terus berupaya memaksimalkan pengerjaan selama 24 jam terhadap pembangunan tower emergency agar dapat segera terselesaikan sesuai dengan waktu yang ditargetkan, pungkasnya.

(lintasan/dody)

Leave a Reply