Jawa Barat

Disparbud kabupaten Bandung persiapkan hadapi event nasional CSS ke-XXI pada tgl 14-16 Juni 2023

Lintasan-Jabar. Kabupaten Bandung sebagai tuan rumah dalam pelaksanaan CSS itu, dipastikan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan.

“Pada pelaksanaan even nasional CSS itu, di dalamnya ada yang berkaitan dengan sanitasi, ada kejuaraan bonsai, kemudian ada beberapa kegiatan expo, aktivitas fashion show, festival musik, cerdas cermat, dan lain sebagainya. Dan tentunya ini salah satu cara bagaimana kita mengundang para wisatawan untuk datang ke Kabupaten Bandung supaya bisa menambah kunjungan wisatawan untuk berbelanja di Kabupaten Bandung,” tutur Kepala Disbudpar Kabupaten Bandung H. Wawan A Ridwan didampingi Kabid Promosi dan Ekonomi Kreatif Vena Andriawan di Soreang, Jumat (19/5/23).

Kepala Disbudpar Kabupaten Bandung H. Wawan A Ridwan

Menghadapi pelaksanaan CSS tersebut, kata Wawan, bahwa Disparbud memiliki tugas koordinator bidang acara, seremoni, closing, maupun site even.

“Jadi alhamdulillah Disparbud sampai hari ini sudah membuat beberapa konsep acara yang berkaitan dengan persiapan Kabupaten Bandung sebagai tuan rumah CSS. Kemudian mempersiapkan bagaimana kita menyambut para tamu CSS yang datang ke Kabupaten Bandung,” kata Wawan.

Wawan menyebutkan bahwa pihaknya sudah melakukan persiapan-persiapan, termasuk mempersiapkan beberapa even di dalam CSS fair yang di laksanakan di Dome Bale Rame Soreang.

“Yang di dalamnya ada EXPO sanitasi, cerdas cermat, fashion show dengan fashion ramah lingkungan. Ada beberapa desainer, dengan desain fashion ramah lingkungan karena menggunakan bahan-bahan alami,” jelasnya.

 

Di lokasi yang sama, dikatakan Wawan, ada pagelaran beberapa pameran dengan menggunakan produk-produk sanitasi. Mulai dari mesin pencacah sampah, dan lainnya.

“Tidak lupa kita akan menyiapkan spot kuliner khusus, teman-teman yang ingin datang, tentunya yang membawa putra-putrinya maupun anak-anak sekolah dan sebagainya. Di situ juga nantinya ada festival musik selama tiga hari. Teman-teman anak muda yang mau datang, silahkan untuk datang memeriahkan festival musik CSS tersebut pada 14-16 Juni 2023 di kawasan Gedong Budaya Soreang,” ujarnya.

 

Selain itu, kata Wawan, pihaknya sudah mempersiapkan akomodasi berupa hotel-hotel, home stay serta paket-paket wisata yang bisa dinikmati oleh para pengunjung dari seluruh Indonesia.

“Kami sudah persiapkan semuanya, sudah dikoordinasikan dan kesiapan desk per bidang. Mulai dari bidang acara, pameran, site visit, publikasi dan dokumentasi dan kami sudah mengumpulkan admin instagram di OPD maupun kecamatan bagaimana setiap hari untuk memposting kegiatan dengan template tentang CSS,” tuturnya.

Dengan harapan, kata dia, melalui keterlibatan banyak pihak, pelaksanaan CSS ini dikenal oleh masyarakat luas di Indonesia. “Mudah-mudahan dengan adanya CSS ini lebih meningkatkan kepedulian masyarakat pentingnya sanitasi untuk menunjang keberlangsungan kehidupan manusia di muka bumi ini, khususnya di Kabupaten Bandung,” pungkasnya.

Leave a Reply