Jawa Barat

Dirjen Perhubungan Darat Fokus pada Pemberdayaan Pelaku UMKM 

Lintasan – Bandung – Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Kolaborasi dengan Koperasi Konsumen Sabilulungan Balai Pengelola Transportasi Darat Jawa Barat menyepakati penggunaan area UMKM di Terminal Leuwipanjang,Kamis (3/10/2024).

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Risyapudin Nursin menyatakan, pembangunan sektor perhubungan darat tidak hanya berfokus pada infrastruktur, tetapi juga pada pemberdayaan ekonomi masyarakat, khususnya pelaku UMKM.

Dia berharap kerja sama di Terminal Leuwipanjang ini dapat menjadi permulaan dan dapat diterapkan pada Terminal Tipe A lainnya di seluruh Indonesia untuk menciptakan ekosistem yang baik bagi UMKM.

Sementara itu, Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Tatan Rustandi menuturkan, tujuan dari diselenggarakannya kerja sama dan peluncuran area UMKM ialah salah satunya untuk meningkatkan jumlah Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). “Selain itu juga untuk meningkatkan daya saing UMKM, meningkatkan kenyamanan bagi para pengguna jasa layanan angkutan umum dan yang terpenting meningkatkan citra terminal dari yang sebelumnya menakutkan menjadi menyenangkan,” jelasnya.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan Tinjauan kelapangan Dirjen Perhubungan Darat ke spot -spot UMKM di area terminal Leuwipanjang di dampingi jajaran para Pejabat Kemenhub. Kegiatan tersebut berlangsung sukses.

[Lintasan/Dadang Yudi]

Leave a Reply