Bangka Belitung

Deklarasikan Sebagai Desa Bersinar, Air Mesu Timur Mendapatkan Apresiasi Dari Bupati Bateng dan Kepala BNN

BANGKA TENGAH LB – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Pangkalpinang menggelar Pencanangan dan Deklarasi Desa Bersinar (Bersih dari Narkoba), di Desa Air Mesu Timur, Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah, Jumat (14/10/22).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman, serta turut dihadiri oleh Kepala BNN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Brigjen Pol M.Z Muttaqien didampingi oleh Kepala BNN Kota Pangkalpinang AKBP Noer Wisnanto, Danramil Pangkalan Baru, Kapolsek Pangkalan Baru, dan Kepala Desa Air Mesu Timur selaku tuan rumah.

Kepala BNN Kota Pangkalpinang Noer Wisnanto menyampaikan, dibutuhkan komitmen yang tinggi untuk melaksanakan tanggung jawab dalam upaya penanggulangan narkoba sebagaimana yang termasuk dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2020, tentang rencana aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN) tahun 2020 – 2024. Yang mana, dalam Inpres tersebut juga menginstruksikan untuk segera membentuk program Desa Bersinar di Indonesia.

“Penyalahgunaan narkoba tidak bisa diatasi tanpa adanya komitmen kita semua, hal ini telah diatur dalam Inpres Nomor 2 tahun 2020 tentang Pencegahan dan Pemberantasan P4GN di Indonesia, aturan itu juga mengamanatkan adanya Desa Bersinar,” ujar Noer Wisnanto

Lebih lanjut, ia menuturkan untuk mengimplementasikan Desa Bersinar, desa Air Mesu Timur sudah mengantongi persyaratan yang cukup lengkap beberapa diantaranya sudah memiliki agen pemulihan untuk klien, rehabilitasi yang mencakup desa dan terbentuknya unit Intervensi Berbasis Masyarakat yang sudah berjalan dengan sangat baik dan luar biasa.

Bahkan, menurut Noer perlu diberikan apresiasi desa Air Mesu Timur sudah tersedia posko unit IBM hasil swadaya masyarakat yang beberapa waktu lalu pihaknya berkesempatan untuk meninjau secara langsung didampingi oleh Kades Air Mesu Timur.

“Ketika melihat posko dan sarana maupun prasarana yang ada, saya menaruh rasa bangga dan salut kepada pemdes dan masyarakat desa Air Mesu Timur,” pungkasnya.

“Saya berharap, melalui kehadiran para stakeholders di kegiatan itu dapat mengobarkan semangat juang agar masyarakat sadar akan bahaya dari penyalahgunaan narkoba. Saya juga juga mengimbau agar seluruh perangkat desa dapat membangun komitmen bersama, memanfaatkan kekuatan dan peluang dari tingkat desa untuk membentuk masyarakat desa yang sehat, cerdas dan produktif,” ungkapnya.

Hal senada disampaikan Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman, sangat penting memberdayakan desa sebab untuk membangun negara dan mendukung pembangunan yang berkelanjutan mesti dimulai dari kawasan terkecil yakni tingkat desa.

Ia juga mengatakan, dengan kondisi Bangka Tengah hari ini sebagai daerah yang ekonominya tengah tumbuh pesat, dihadapkan banyak tantangan dari berbagai aspek salah satunya narkoba.

“Saya memberi apresiasi kepada BNN maupun Pemdes atas keberhasilan membentuk desa Bersinar di Bangka Tengah. Menurutnya, desa Bersinar perlu adanya pendampingan jangka panjang guna memastikan suatu desa benar-benar dinyatakan bersih dari ancaman bahaya narkoba,” papar Algafry.

Suatu desa juga harus memberikan peran penting kepada remaja, pemuda, dan seluruh elemen masyarakat. Jangan sampai ada pembiaran sehingga hal-hal yang semestinya salah, menjadi benar akibat pembiaran dan terbiasa.

Sementara itu, Kepala BNNP Babel, M.Z Muttaqien juga memberikan apresiasi luar biasa kepada Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah yang telah mendukung desa Air Mesu Timur sebagai desa Bersinar.

“Saya mengapresiasi deklarasi desa Bersinar ini, saya menganalisa pak Bupati memiliki visi dan misi bukan sekedar dunia namun juga urusan agama. Untuk itu, saya sependapat dengan Bupati Bangka Tengah, agar menyiapkan segala sesuatu yang bertujuan baik, mulailah dengan memperbaiki kualitas moral, akhlak, dan adab. Termasuk kepada anggota keluarga kita sebagai warga suatu desa untuk beradab dan berakhlak salah satunya menjauhi narkoba,” jelas Kepala BNNP Babel M.Z Muttaqien.

Apa yang kita perbuat pasti akan kita bawa, maka berbuatlah yang terbaik. Banggalah bapak ibu memiliki Kepala Daerah seperti beliau,” tutupnya. (Adm)

Leave a Reply