Bangka Belitung

Bupati Basel Harap Masyarakat Jadi Garda Protokol Kesehatan Di Masa Pandemi Covid-19

Foto : Bupati Basel, Justiar Nur saat memberikan kata sambutan. (Dani)

BANGKASELATAN,LB – Berdasarkan data sampai dengan 16 Nopember 2020, kasus terkonfirmasi positip covid-19 di Provisi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) terus bertambah dari hari ke hari menjadi 805 kasus dan meninggal dunia sebanyak 10 orang.

“Sedangkan di Kabupaten Bangka Selatan angka terkonfirmasi positif covid-19 yakni sebanyak 13 kasus dan meninggal sebanyak 1 kasus,” kata Bupati Basel Justiar Nur dalam sambutannya, Rabu (18/11/2020) saat acara sosialisasi pencegahan covid-19 bertempat di aula gedung kantor Bupati Basel.

Namun jika mengamati perkembangan jumlah kasus covid-19 di Indobesia terus meningkat, tentunya Bupati Basel berharap agar semua Satgas Covid-19 di seluruh tingkatan baik provinsi maupun kabupaten/kota hingga kecamatan dan desa agar dapat bersinergi dengan seluruh organisasi pemerintah daerah (OPD).

“Berkoordinasi baik lintas program dan lintas sektor guna meningkatkan kewaspadaan terhadap resiko penularan kasus covid-19 dan memastikan pelaksanaan protokol kesehatan di Kabupaten Bangka Selatan,” kata Justiar Nur.

Namun ditegaskanya bahwa komunikasi itu perlu dan merupakan bagian terpenting dalam menghadapi ancaman pandemi covid-19 serta meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan pencegahan covid-19.

“Yakni dengan cara memakai masker menjaga jarak dan menghindari kerumunan serra mencuci tangan (3 M). Jadi kebiasaan 3 M itu harus membudidaya agar kita mampu perang melawan covid-19,” harap Bupati Basel.

Kepercayaan publik perlu dibangun dan dijaga agar tidak terjadi kepanikan dalam masyarakat dan agar penanganan dapat berjalan lancar perlu dibangun kolaborasi antara pemerintah media masyarakat para pelaku usaha akedemisi (Pentaheliks) yang solid dan saling melengkapi.

Oleh karena sebagai upaya mengakhiri masa pandemi covid-19 ini Bupati Basel (Justiar Nur) mengajak masyarakat untuk menjadi garda terdepan dalam protokol kesehatan serta menerapkan 3 (tiga) utama yakni Menjaga Iman, Aman dan Imun.

“Iman dimaknai dengan menjalankan ibadah sesuai agama dan kepercayaan, aman diartinan sebagai kepatuhan totalitas terhadap protokol kesehatan pencegahan covid-19,”

Sedangkan Imun yakni diharapkan dapat mengkonsumsi makanan bergizi, menjaga kesehatan mental serta rajin berolahraga dan istirahat yang cukup.

Acara sosialisasi pencegahan covid-19 ini dihadiri para pejabat dari tingkat provinsi Babel serta unsur pimpinan daerah Kabupaten Basel. (Dani)

Leave a Reply