Jawa Barat

Peningkatan Kapasitas bagi 297 Kepala Dusun Se- Kabupaten Kuningan di Hotel Grand Asrilia Bandung.

Lintasanberita – Bandung, Sejumlah 297 Kepala Dusun Se-Kabupaten Kuningan diberikan bekal bimbingan teknis untuk ditingkatkan kapasitasnya di Hotel Grand Asrilia jalan pelajar pejuang 45 Kota Bandung, Selasa, 9 mei 2023.

Peningkatan kapasitas ini disampaikan oleh Wakil Ketua Umum bidang hukum APDESI kab.kuningan T. Umar Said beliau berharap agar para kepala dusun bisa memahami dan mengetahui regulasi terkait Peraturan perundangan.ujarnya

Undang-undang tersebut yaitu Undang-undang no 32 tahun 2004 itu di pecah menjadi 3(tiga) bagian yaitu pertama Undang-undang no 6 tahun 2014 tentang Desa, undang-undang no 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah yang mengatur provinsi dan kabupaten , dan yang ketiga undang-undang no 10 tahun 2016 tentang pilkada dan ini berkaitan dalam rangka meningkatkan kapasitas kepala dusun, katanya.

Lanjut beliau pemerintah desa itu terdiri 4 ( empat ) aspek yaitu, satu aspek regulasi kedua aspek kelembagaan dan ketiga aspek tata laksana dan keempat aspek pengawasan , dari keempat aspek itu kita lemah dibidang regulasi Makanya kita mengadakan bimtek di Bandung.

Selain peningkatan kapasitas juga melakukan studi tiru yang ada di kabupaten Bandung yang rencananya di Desa Margahayu tengah besok Rabu, 10 mei 2023, sebab di dalam pasal 24 undang -undang no 6 tahun 2016 di sebutkan “bahwa penyelenggaraan pemerintahan desa harus berdasarkan kepastian hukum.

Artinya setiap keputusan atau kebijakan atau kewenangan desa dari mulai kepala desa sampai perangkat desa itu harus ada payung hukumnya dan beliau berpesan jangan coba-coba kepala desa melakukan kegiatan tidak ada payung hukumnya dan pasti di kemudian hari akan timbul permasalahan hukum , apa dasar hukumnya yaitu ada tiga satu peraturan desa, kedua peraturan bersama kepala desa dan ketiga aturan kepala desa.

Beliau menambahkan bahwa menurut Permendagri no 20 tahun 2018 kepala dusun itu merupakan team pelaksana kegiatan jadi yang melaksanakan kegiatan di setiap kabupaten itu kepala dusun, jumlah desa di kabupaten Kuningan itu ada 361 desa dan sekitar 1300 kepala dusun, pungkas beliau

Kegiatan peningkatan ini langsung dihadiri oleh Ketua Umum APDESI kab Kuningan dan narasumber dari Polresta kab Kuningan dan para kepala dusun se-kabupaten Kuningan. Acara ini berjalan sukses dan lancar para kepala dusun se-kabupaten Kuningan sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Salah satu kepala dusun mereka sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan bimtek ini dalam rangka meningkatkan kapasitas dan sangat bermanfaat sekali , tutupnya

[Lintasan/Dadang Yudi]

Leave a Reply