Bangka Belitung

Bidang Kesehatan DPP Baretta lakukan pembelajaran BHD ( Bantuan Hidup Dasar )

Lintasan- Pangkalpinang . bertempat di Kampus D3 Keperawatan UBB dilaksanakan kegiatan BHD ( Bantuan Hidup Dasar ) yang sangat perlu apabila kita menemukan korban yang tergelatak dan keadaan darurat

Ketua Bidang Kesehatan Baretta  Zamziri, S.Kep, Ners, M.Kes memberikan pelajaran pada para mahasiswa kebidanan dalam menerapkan bagaimana menolong korban saat darurat yaitu dengan pertolongan dasar .

Zamziri laksanakan kegiatan praktek pada mahasiswa akan pentingnya BHD .

Intinya untuk BHD adalah untuk henti jantung dan henti nafas ketika terjadi pada korban yang kita hadapi.

Hadir Sekjen Baretta Dody Iskandar turut serta dalam praktek bagaimana BHD dilakukan apabila menemukan korban di lapangan.

Di pertolongan hidup dasar ini yang pertama aman diri, aman korban, aman lingkungan (3A) sehingga untuk tingkat perawat Zamziri termasuk pengawas pusat dan saat covid menjadi wilayah masing-masing .

Cek respon dan minta bantuan pada sekitar agar menghubungi rumah sakit / puskesmas terdekat dan katakan ada korban yang harus ditolong dengan detail korban

Kompresi selanjutnya dilakukan apabila tidak ditemukan respon 10 detik dan kalau tidak ada respon lakukan 30 kompresi sampai 5 kali dengan bantuan nafas atau ventilasi jeda 1 sampai 2 detik agar korban terlihat ada respon atau tidak.

Program ini akan dikembangkan lagi nanti dengan penyakit degeneratif termasuk kesehatan kandungan yang sangat penting bagi kalangan anak – anak SMA sederajat yang mulai menginjak dewasa.

Harapan Zamziri semoga kegiatan kesehatan ini akan berlanjut dengan kegiatan rutin kedepan berupa donor darah dan pengecekan kesehatan secara berkala bagi anggota Baretta, pungkasnya .

[Lintasan/Redaksi]

 

Leave a Reply