Bangka Belitung

PT Timah dan Kodim 0431/Bangka Barat Kolaborasi Tanam Ratusan Mangrove di Pantai Teluk Rubiah Mentok

Lintasan —  Bangka Barat. PT Timah berkolaborasi dengan Kodim 0431 Bangka Barat melaksanakan penanaman mangrove di Pantai Teluk Rubiah Mentok Bangka Barat, Rabu (12/6/2024). Program lingkungan yang berkelanjutan yang dilaksanakan bersama forkopimda dalam penanaman pohon.

Komandan Kodim (DANDIM) 0431 Bangka Barat Letkol Inf.Kiemas Muhamad Nauval mengatakan, penanaman kembali bibit manggrove sebanyak 500 batang ini bentuk kepedulian Kodim 0431 Bangka Barat dan PT Timah dalam menjaga kelestarian alam Bangka Barat.

“Harapan kedepan Bangka Barat tidak hanya tumbuh maju secara ekonomi , teknologi, struktur tapi kota yang maju secara alam, dan masyarakatnya juga peduli kelestarian alam, “ jelas Dandim.

Kedepan, Ia berharap program penamanan mangrove dan penghijauan ini dapat terus berlanjut dengan berkolaborasi dengan berbagai pihak termasuk PT Timah.

Sementara itu, Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Bangka Barat Andri Sagita mengatakan penanaman mangrove ini merupakan upaya untuk menahan abrasi pantai dan memperbaiki ekosistem pesisir.

“Mangrove ini kedepannya menjadi tempat berkumpulnya biota-biota laut, seperti ikan, udang, kepiting, dan siput nanti masyarakat khususnya nelayan kedepan merasakan penghijauan ini. HNSI mendukung sekali dengan program penanaman manggrove KODIM bersama PT Timah,” kata Andri.

Senada dengan Andri Masyarakat sekitar sekaligus Ketua RT 02 RW 06 Yang Nurma mengaku banyak manfaat dirasakan dilaksanakan program penanaman mangrove dan pembersihan sampah di pantai.

“Lingkungan bertambah bersih, alami, dan dampak ekonomi kedepan buat masyarakat khususnya mudah mencari hasil laut. Mewakili masyarakat mengucapkan terima kasih kepada TNI dan PT Timah,” ucapnya. (*)

[Lintasan/Sumber PT Timah].

Leave a Reply