Bangka Belitung

Kapolda Babel : ‘Bukit Menumbing Menyimpan Banyak Sejarah’

Foto : Kapolda Babel, Irjen Pol Anang Syarif Hidayat (kiri) bersama putri tercintanya pose saat berada di dalam goa Jepang, Muntok. (ist)

BANGKA,LB – Jangan sekali-kali melupakan sejarah atau disingkat Jasmerah. Filosofi ini adalah semboyan yang terkenal pernah diucapkan oleh presiden Republik indonesia yakni Ir Soekarno.

Di provinsi kepulauan Bangka Belitung (Babel) pun diketahui terdapat ‘segudang’ cerita sejarah termasuk di antaranya di daerah Kabupaten Bangka Barat.

Di kabupaten ini, terdapat sebuah terowongan atau semacam goa berlokasi di Bukit Menumbing terletak di Kota Muntok. Bukit ini pun sampai saat ini menyimpan cerita sejarah saat masa penjajahan bangsa asing terhadap Indonesia hingga ke wilayah Bangka Barat.

Foto : Meski dalam keadaan gelap, Kapolda Babel, Irjen Pol Anang Syarif Hidyat didampingi Kapolres Bangka Barat, AKBP Fedriansah SIK tetap menikmati wisata sejarah di dalam goa Jepang, Muntok. (Ist)

Bukit Menumbing, atau yang biasa disebut Gunung Menumbing, di puncak bukit ini terdapat sebuah Pesanggrahan Menumbing yang merupakan tempat pengasingan para pemimpin bangsa Indonesia saat masa penjajahan dulu.

Foto : Meski disibukan sebagai pimpinan tertinggi kepolisian di Babel, Irjen Pol Anang Syarif Hidayat pun sangat dekat dengan keluarga termasuk dengan sang buah hati tercinta. (Ist)

Di Pesanggrahan Menumbing ini juga terdapat goa Jepang, menuju ke lokasi goa Jepang yang berada di kawasan Pesanggrahan Menumbing para pengunjung harus melewati jalan yang curam untuk sampai ke sana.

Kepala kepolisian daerah provinsi kep Bangka Belitung (Kapolda Babel), Irjen Pol Drs Anang Syarif Hidayat didampingi Kapolres Bangka Barat AKBP Fedriansah SIK baru-baru ini, Kamis (20/8/2020) menyempatkan diri berkunjung ke goa Jepang Bukit Menumbing, Muntok.

Foto : Kapolres Bangka Barat, AKBP Fedriansah SIK (kiri) tampak sedang berdialog dengan Kapolda Babel, Irjen Pol Anang Syarif Hidayat. (Ist)

Dalam kunjungan ke Bukit Menumbing tersebut Kapolda Babel menyempatkan pula melihat goa Jepang tersebut secara langsung. Goa Jepang tersebut menurut keterangan warga adalah bunker yang dibuat tentara Jepang pada terdahulu.

Kapolda Babel saat itu juga berpesan kepada masyarakat untuk tetap menjaga serta melestarikan wisata sejarah yang ada di bukit Menumbing, Muntok sehingga bisa menarik pengunjung untuk datang.

“Bukit Menumbing menyimpan banyak sejarah!, kita tadi baru melihat ada goa Jepang, mari kita jaga bersama agar banyak para pengunjung yang datang ke lokasi wisata sejara di sini,” pesan sang jenderal lulusan Akpol tahun 1988 ini. (*/red)

Leave a Reply