Bangka Belitung

Kenang Sejarah Kota Pangkalpinang, Molen Bangun Tugu Nol Kilo Meter

Foto : Bangunan tugu Nol Kilo Meter bertulisan Arab dan Cina. (Ist)

PANGKALPINANG,LB – Sampai saat ini pihak Pemerintah Kota Pangkalpinang (Pemkot) Pangkalpinang terus berupaya mempercantik diri, hal tersebut bertujuan agar Kota Pangkalpinang saat ini dipimpin Maulan Aklil (Molen) semakin dikenal dengan sebutan ‘Kota Beribu Senyuman’.

Hal tersebut dibuktikan oleh Molen dengan membangun sebuah tugu berupa koin raksasa bertuliskan huruf Arab dan Cina. Bangunan tugu tersebut kini terbangun tepat di sisi samping bangunan rumah dinas wali kota Pangkalpinang atau berada di sisi jalan raya Sudirman, Kota Pangkalpinang.

Usai terbangun, bangunan tugu Nol Kilo Meter ini akhirnya, Jumat (1/12/2020) diresmikan oleh wali kota Pangkalpinang dan dihadiri sejumlah pejabat Pemkot Pangkalpinang termasuk sekretaris daerah (Sekda) Pemkot Pangkalpinang, Radmida Dawam.

Di sela-sela peresmian tugu itu, Molen mengatakan pembangunan tugu Titik Nol Kilo Meter di Pulau Bangka ini diharapkan bisa menjadi daya tarik wisawatan untuk berkunjung ke Kota Pangkalpinang.

“Tugu ini selain memiliki history diharapkan bisa menjadi tujuan wisatawan untuk datang ke Kekota kita,” kata Molen.

Molen juga menyampaikan bahwa tugu Titik Nol Kilo Meter Pulau Bangka merupakan penanda sejarah titik awal pembangunan Pulau Bangka ketika Pangkalpinang saat itu menjadi ibukota keresidenan Bangka.

Selain itu kata dia pada kedua sisi depan dan belakang tugu tersebut dibuat dengan tulisan Arab dan China.

Haza Fulus Pangkalpinang” yang berarti uang Pangkalpinang sedangkan sisi belakang dibuat dengan tulisan Cina ‘Bing Lang Gong Si’ yang memiliki makna berkembang dan maju secara nyata, ” terangnya. (Ian)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close