Bangka Belitung

Jelang Pilkada, Wakapolda Babel Kunker Ke Sekretariat Parpol di Babel

Foto : Wakapolda Babel, Brigjen Pol Drs Umardani MSi pose bersama pengurus DPD Partai Golkar Provinsi Babel. (Ist)

PANGKALPINANG,LB – Jelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di provinsi. kepulauan Bangka Belitung (Babel) atau di masa pandemi covid-19, Wakapolda Babel, Brigjen Pol Drs Umardani MSi selaku Kasatgas Nusantara Daerah Babel tetap melaksanakan kunjungan kerja (kunker) ke sekretariat partai politik (parpol).

Giat kunker kali ini yakni bertempat di sekretariat DPD I partai Golkar Provinsi Babel, Senin (21/9/2020). Kunker tersebut dilaksanakan dari pukul 10.15 WiB hingga pukul 11.30 WIB, beralamat di  jalan raya Soekarno-Hatta Komplek Perkantoran Harmoni blok B6 Kelurahan Batu Intan, Kecamatan Girimaya, Kota Pangkalpinang.

Saat kunjungan itu, Wakapolda Babel Brigjen Pol Drs Umardani, MSi didampingi Kabid Humas Kombes Pol, Drs Maladi dan Wadir Intelkam AKBP.Aris Sulistiyo SH MH saat itu diterima langsung Ketua DPD I Golkar/Anggota DPR RI), Bambang Patijaya (BPJ), Eddy Iskandar (sekretaris), Batianus (Bendahara/Waka DPRD Bateng), Rendra Basri (Ketua harian/Waka DPRD Bangka, Tjindarana (KPPG), Sugianto (Wakil Bendahara/Direktur), Bram Pranata (ketua AMPG), Cendrajana (ketua KPPG), Prima Kurnia ( Wk Sekretaris ) dan Suyatno (Wakil Ketua Bidang Organisasi).

“Kami ucapan terima kasih atas kunjungan bapak Wakapolda, saat ini sedang dilaksanakan Pilkada di 4 Kabupaten yang rawan di Bangka Barat yaitu Isu SARA. yang jadi masalah ada pandemi covid-19,” kata BPJ saat itu.

Bahkan diungkapkan BPJ jika di Komisi II sesungguhnya belum ada wacana untuk menunda Pilkada. Kita ingin ada penerapan protokol kesehatan secara maksimal. Saran untuk memberi sanksi kepada peserta pilkada yang tidak mematuhi aturan covid-19,” kata BPJ saat itu.

Sementara Wakapolda Babel pun menerangkan bahwa pihak parpol perlu mengonfirmasikan informasi terkini dengan maksud agar pihaknya dapat menjaga situasi kamtibmas di masyarakat tetap kondusif. Bahkan diakui Umardani pihaknya sesungguhnya tak bisa bekerja sendiri, melainkan harus bersama-bersama unsur masyakarat guna menciptakan situasi yang aman dan Kondusif khususnya pada momen Pilkada di 4 Kabupaten.

“Kita mengedepankan di tingkat prepentif dan preemtif. Kami juga membutuhkan informasi-informasi terkini terkait Pilkada,” tegas Wakapolda.

Ditegaskanya lagi, kegiatan Satgas Nusantara ini lebih mengedepankan edukasi kepada masyarakat, dan parpol memberikan masukan kepada calon yang diusung untuk adu program dengan cara yang positif khususnya dalam Satgas Nusantara juga ada kegiatan dalam bentuk kegiatan sosial.

“Tujuan kedatangan kami untuk silaturrahmi biar lebih dekat lagi sehingga bisa bekejasama dalam menjaga situasi Kamtibmas dan kami berupaya untuk menjaga Babel yang aman dan Kondusif,” tutup Umardani.

Ditempat berbeda, atau di sekretariat DPW PPP Provinsi Babel terletak di jalan Depati Amir/jalan Mentok Kelurahan Keramat Kecamatan Bukit Intan, Kota Pangkalpinang dalam kunjunganya pun Wakapolda Babel Brigjen Pol Drs.l Umardani Msi berserta rombongan diterima langsung Amri Cahyadi, ST (Ketua DPW PPP Babel) kini menjabat sebagai wakil ketua DPRD Babel) didampingi Hellyana SH (Sekretaris DPW PPP Babel/Ketua Fraksi PPP/Ketua Komisi 1 DPRD Babel) serta H Dede Purnama Alzulami, LC MA.Hk pun turut menyambut kunjungan pejabat Polri di Mapolda Babel ini.

Selain itu pula turut hadir dan menyambut diantaranya yakni Wakil Ketua DPW PPP Babel/Sekretaris, Fraksi PPP/Wakil Ketua Komisi 4, H Muhammad Yunus SE MM selaku (anggota DPRD FPPP), Rustam H Karim (Bendahara DPW PPP Babel) dan Toni Purnama SIP Anggota Fraksi FPPP DPRD Provinsi Babel.

“DPW PPP mengucapkan terimakasih atas kedatangan bapak Wakapolda di DPW PPP,” kata Amri Cahyadi saat itu.

Ia menerangkan jika saat ini PPP di Babel diposisi tingkat 3 pada Pemilu 2019 dan pada Pilkada 2020 PPP di Kabupaten Bangka Tengah yang mengusung pasangan calon (Paslon) Ir Ibnu Shaleh dan Kabupaten Bangka Selatan saat ini PPP mengusung paslon Reza Herdavid dan di Kabupaten Bangka Barat mengusung paslon H Sukirman dan Beltim mendukung paslon Burhanudin serta setiap kegiatan DPW PPP akan selalu berkoordiansi dengan Polri.

“Kami mengapresiasi kepada Polda dan Jajaran atas mejaga Kamtibmas di Prov. Kep. Babel dan semakin sukses,” tutup Amri.

Dalam kesempatan itu pula, Wakapolda Babel juga selaku Kasatgasda Satgas Nusantara Polda Babel mengatakajika melaksanakan kunjungan silahturahmi ke pimpinan dan pengurus DPD PPP Provinsi Babel tak lain dalam rangka cooling system situasi Harkamtibmas menjelang Pilkada serentak pada tahun 202. Hal ini pun menindaklanjuti program dari Mabes Polri guna melaksanakan Evaluasi Satgasnus di Kewilayahan

“Kami dari Polri untuk berupaya kami datangi, Pemerintahan, tomas dan parpol dengan harapan kami membangun komunikasi membangun sinergi sehingga kedepan mewujudkan Babel yang aman dan damai,” jelas Umardani.

Tak cuma itu ditegaskanya sebagai anggota Polri akan tetap menjaga konsitensi Polri agar tetap netral pada Pilkada serentak 2020 di empat kabupaten wilayah provinsi Babel dan tugas Polri adalah menjaga situasi kamtibmas agar selalu aman dan Kondusif terkhusus pada pelaksanaan pilkada serentak 2020 di wilayah Babel..

“Khususnya pada Pilkada serentak di wilayah Bangka Belitung Kami sebagai anggota Polri tidak akan pernah meminta Partai Politik ataupun masyarakat untuk memilih salah satu pasangan calon dan Polri akan nertal,” terangnya lagi.

Meski saat ini masyarakat sedang menghadapi pandemi covid -19, Babel sendiri masih berada di zona aman akan tetapi kita tetap harus menerapkan protokol kesehatan covid – 19 dan ia berharap semoga silaurahmi antar Polri dengan parpol pun nantinya tetap terjalin sesuai harapan.

Sebaliknya ebaliknya apabila DPW PPP provinsi Babel ada kegiatan yang memerlukan tugas Polri maka Polda Privinsi Babel beserta j.ajaran siap membantu.

“Kami berharap kepada Polri pengamanan secara menyeluruh pertahapan dan mengawal Pilkada sehingga tidak terjadi kecurangan pada Pilkada 2020,” harap Hellyana.

Sementara Wakspolda Babel mengatakan sebaliknya Polri selalu melihat aturan hukum lantaran ada kepentingan Hak Asasi Manusia (,HAM) sehingga Polri dilibatkan di Gakkumdu dan diatur pada peraturan Bawaslu sudah di atur oleh Undang Pilkada, Polri akan melihat kasus yang terjadi dengan alat bukti yang cukup dan seterusnya membuat surat perkembangan kasus ditangani, sehingga sekarang tidak bisa di tutup – tutupi dan Polri Khususnya Polda Kep. Babel mengharapkan saran dan masukan dari Pengurus PPP kami perlukan guna perbaikan segala hal kedepan,” tutup Umardani. (*/red)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close