Nasional

Dr Binsar M Gultom SH SE MS Mantan Hakim Tinggi PT Babel Lulus Seleksi Calon Anggota Komisi Yudisial

Foto : Binsar Gultom SH SE MH. (net)

JAKARTA,LB – Setelah menjalani beberapa tahap fit and proper test, akhirnya Dr Binsar Gultom SH SE MH dinyatakan lulus dalam seleksi calon anggota Komisi Yudisial (KY) Republik Indonesia pada tahun 2020 ini.

“Terima kasih untuk doa dan dukungannya, kiranya Tuhan terus memberi jalan terbaik kepada BG untuk bisa memimpin KY,” ungkap hakim yang populer dengan sebutan ‘Hakim Maut Kopi Bersianida’ ini saat saat dihubungi melalui nomor ponselnya, Selasa (25/8/2020) malam.

Foto : BG saat di ruang sidang. (Ist)

Harapannya jika nanti ia dipercaya memimpin lembaga di KY, maka ia berharap hubungan antara lembaga KY dengan Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia semakin harmonis.

“Jika nanti dipercaya memimpin KY saya berharap agar tercipta hubungan kinerja yang harmonis antara KY dengan MA,” harap mantan hakim tinggi di Pengadilan Tinggi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ( PT Babel).

Selain itu, ungkap Binsar yang kini menjadi Hakim Tinggi di PT Banten merangkap juru bicara di PT Banten ini, terkait menjaga dan menegakkan kehormatan martabat hakim di seluruh Indonesia, ia akan membuat Pedoman Teknis Ruang Lingkup Pengawasan Hakim secara internal dan eksternal seperti diamanatkan oleh Surat Keputusan Bersama Ketua MA dan Ketua KY tahun 2009.

Hal ini menurutnya dengan metode pemeriksaan berdasarkan Panduan Penegakan Kode Etik Pedoman Perilaku Hakim berdasarkan Peraturan Bersama MA dan KY tahun 2012 hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi over lapping (tumpang tindih) antara MA dan KY, sehingga tercipta kepercayaan publik kepada hakim yang memutus perkara.

Selain dikenal sebagai hakim maut kopi Bersianida yang pernah menyidangkan perkara kasus Jessica beberapa tahun silam, hakim tinggi ini pun dikenal pula dengan sebutan nama ‘BG tak lupa mengucapkan ungkapan rasa terima kasih kepada masyarakat yang mengenalnya.

BG sendiri diketahui atau tercatat sebagai peserta calon anggota KY yang dinyatakan lulus dalam seleksi atau sebagaimana tertuang dalam surar ‘Profile Assessment Seleksi Pemilihan Calon Anggota Komisi Yudisial’ dengan nomor : 69/Pansel-KY/VIII/2020, tertanggal 24 Agustus 2020.

Surat pengumuman kelulusan seleksi pemilihan calon anggota KY ini ditandatangani langsung oleh ketua Panita Seleksi, Maruarar Siahaan.

Foto : Selain dikenal ramah, sosok hakim BG pun cukup dekat dengan awak media selama ia bertugas di Pengadilan Tinggi Provinsi Kep Bangka Belitung, tampak BG pose bersama seorang jurnalis senior, Ryan A Prakasa. (Ist)

Dalam surat pengumuman tersebut, tertera sedikitnya 18 calon anggota KY dinyatakan lulus, sedangkan BG sendiri tercatat urutan ke-5 (lima).

Sementara itu ketua panitia seleksi calon anggota KY, Dr Maruarar Siahaan SH MH saat dikonfirmasi melalui pesan singkat/WhatsApp (WA), Selasa (25/8/2020) malam sekitar pukul 22.38 WIB membenarkan.

“Ya benar, boleh dibuka di web set.neg,” kata mantan hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia ini. (Has)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close