Bangka Belitung

Masa Pandemi, Polri Bersama Warga Berupaya Gerakkan Ekonomi Kerakyatan

Foto : Kantor Ditpolair Polda Kep Bangka Belitung terletak di kawasan pelabuhan Pangkal Balam, Kota Pangkalpinang. (Lukman)

PANGKALPINANG,LB – Dalam masa pandemi covid19 yang belum dapat dikatakan reda, seluruh instrumen negara, termasuk Polri terus mengupayakan berbagai tindakan komprehensif bagi warga negara, Senin (10/8/2020).

Hal tersebut tentunya dilakukan dengan tidak meninggalkan tugas utama Korps Baju Coklat, yakni menjaga Kamtibmas.

“Jadi pendekatannya beda seperti dahulu. Bukan lagi bertindak sebagai ‘pemadam kebakaran’ Tapi yang sekarang lebih proaktif, artinya kita bekerja tidak menunggu ada kejadian tindak pidana tapi kita meniadakan tindak pidana, yang lainnya kami dalam posisi bersama lintas sektoral lainnya berupaya untuk menggerakkan ekonomi kerakyatan,” kata Direktur Polairud Polda Babel, Kombes Zainul SIK kantornya.

Dirpolairud sebut, pendekatan Kamtibmas yang sekarang dijalankan sesuai Instruksi Presiden Jokowi ini, harus mengedepankan pemberdayaan ekonomi. Dalam contoh yang nyata dalam lingkup kedinasan Polairud adalah masyarakat nelayan.

“Seperti waktu di Desa Kurau Bangka Tengah, disana kami berusaha memecahkan problem masyarakat nelayan terkait jaminan kecelakaan dari Jasa Raharja. Dan alhamdulillah banyak warga pesisir disana yang terbantu sertifikasi kelaikan penerima manfaat asuransi setelah dibantu anggota,” urai Perwira Melati Tiga.

Sementara dalam upaya lain, lanjut Zainul, pihaknya juga bekerjasama dengan PT Timah dalam usaha budidaya tambak. Yang sampai saat ini menurutnya menuai hasil yang cukup memuaskan.

“Kami perintahkan pada para anggota agar belajar budidaya, setelah mereka sendiri bisa berhasil kan dapat menularkan kebisaan mereka tadi pada masyarakat. Untuk bibitnya dibantu oleh PT Timah,” ungkap Dirpolairud. (*/Lukman)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close