Bangka Belitung

Pandemi Covid-19, Komplek BGA-22 Perketat Protokol Kesehatan

BANGKA TENGAH, LB – Warga di lingkungan RT 22, lingkungan Kelurahan Dul, Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah patut menjadi contoh.

Pasalnya di lingkungan setempat khususnya warga di pemukiman komplek Bukit Gelase Asri (BGA-22) kini giat mengaktifkan pos keamanan lingkungan (Pos Kamling) di lingkungan setempat.

Tak sebatas itu, bahkan keberadaan pos kamling di lingkungan tersebut pun kini justru dimanfaatkan dengan maksimal oleh warga seperti halnya para tamu atau warga luar yang hendak masuk ke komplek BGA-22 tetap melalui proses protokol kesehatan.

“Peraturan ini sesungguhnya sudah lama kita terapkan sebelum wabah Covid-19. Jadi setiap tamu yang masuk atau berkunjung ke komplek kami ini (BGA-22) akan dilakukan penyemprotan desinfektan ke kendaraan tamu termasuk tes pengukuran suhu tubuh,” ungkap seorang tokoh pemuda, Aas Asrori yang juga selaku penggagas pengaktifan pos kamling di komplek BGA-22, Selasa (23/6/2020)

Bahkan ditambahkanya, para tamu yang hendak berkunjung pun diwajibkan mencuci tangan di tempat yang telah disediakan di pos kamling setempat.

Diterangkan Aas lebih jauh, kepedulian dan tingkat kesadaran warga di lingkungan pemukimannya (BGA-22) sangatlah tinggi, bahkan sebagian peralatan kepentingan kesehatan pun antara lain alat pendeteksi suhu tubuh termasuk handsanitizer serta mobil ambulan siaga tersedia di kompleknya.

“Semua ini berkat partisipasi warga di pemukiman BGA-22. Tanpa sedikitpun mengharapkan bantuan pemerintah. Sebab ini semua untuk kepentingan bersama,” tegas pria yang juga dikenal aktif dalam berbagai organisasi baik KNPI maupun di organisasi kewartawanan di Babel.

Keberadaan pos kamling di lingkungan pemukiman BGA-22 dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh warga setempat dalam rangka mencegah merebaknya wabah Covid-19 tak lain hal itu guna menindaklanjuti program pemerintah yakni Tegap Mandiri.

“Maksudnya mandiri dalam menjaga kesehatan di lingkungan tempat tinggal kita masing-masing,” terangnya.

Terkait hal itu, Selasa (23/6/2020) siang rombongan aparat kepolisian yakni dari Polda Kep Bangka Belitung (Babel) diwakili oleh AKBP Fauzan dan Kapolsek Pangkalan Baru, AKP Robi termasuk lurah Dul, Ki Agus sempat berkunjung ke komplek BGA-22.

Kedatangan rombongan aparat kepolisian dan lurah setempat dalam rangka peninjauan pos kamling di komplek BGA-22.

“Informasinya rombongan ini dalam rangka observasi atau peninjauan ke lapangan terkait penerapan progam daerah Tegap Mandiri. Saya atas nama warga BGA-22 memberikan apresiasi serta ucapan terima kasih atas kunjungan hari ini,” jelas Aas. (Yuda)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close