Bangka Belitung

Maires Kurniawan Kini Pegang Komando Organisasi PWRI Babel

Foto : Mayres Kurniawan saat menerima pataka organisasi PWRI yang diserahkan langsung oleh ketum PWRI, DR Suriyanto Pd SH MH MKn.

* Ketum PWRI : Jangan Ngaku Wartawan Kalau Tidak Bisa Menulis!

PANGKALPINANG,LB – Hasil musyawarah mufakat bersama, Maires Kurniawan akhirnya resmi dilantik menjabat selaku ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) Provinsi Bangka Belitung (Babel) untuk periode 2019-2021.

Acara pelantikan sejumlah pengurus PWRI Provinsi Babel ini digelar di hotel PIA, Kota Pangkalpinang, Sabtu (28/12/2019) siang juga dihadiri langsung oleh ketua umum PWRI, DR Suriyanto Pd SH MH MKn.

Dalam sambutannya, Suriyanto mengingatkan agar insan pers khususnya yang tergabung dalam organisasi PWRI di mana berada, hendaknya senantiasa amengedepankan profesionalime dan disiplin.

Namun lagi-lagi ia menegaskan agar profesi wartawan haruslah diimbangi dengan good perfomance dalam mengemban tugas sebagai wartawan.

“Jangan ngaku wartawan kalau tidak bisa menulis!,” ucapnya saat memberikan sambutan di sela-sela acara pelantikan pengurus DPD PWRI Provinsi Babel saat itu.

Foto : Maires Kurniawan (kanan) pose bersama ketua HPI Provinsi Babel, Rikky Femana SIP. (Yuda)

Sementara itu Maires Kurniawan pun dalam sambutannya mengatakan PWRI Provinsi Babel dipimpinnya saat ini siap mengedepankan profesionalisme serta bersinergi dalam membangun senyum negeri Serumpun Sebalai.

“Sesuai dengan tema pelantikan DPD PWRI Provinsi Babel siap bersinergi dalam membangun senyum negeri Serumpun Sebalai,” ujar Maires.

Foto : Para insan pers pose bersama usai acara pelantikan pengurus DPD PWRI Babel. (Yuda)

Dalam acara pelantikan sekaligus pengukuhan sejumlah pengurus PWRI Provinsi Babel kali ini pun juga dihadiriSekjend DPP PWRI Zulfikar Taher SH SPdI, ketua OKK DPP PWRI, Tongam H Tobing.

Selain itu turut pula hadir pejabat dari pemerintah daerah, antara lainAsisten Administrasi Umum Pemprov Kep Babel H Darlan, Kepala Diskominfo Provinsi Kep Babel Sudarman, Kabag Humas Dan Protokol Pemprov Kep Babel, Irwanto.

Termasuk turut hadir pula kepala BNN Kota Pangkalpinang, AKBP Ichlas Gunawan, Staf Ahli Bidang Hukum Pemerintahaan & Politik Kota Pangkalpinang, Drs Akhmad Subekti MSi, bahkan sejumlah pimpinan media pun turut hadir antara lain Aasrori (pimpinan media LintasanBerita.com & SpotBerita.com).

Foto : Ketua DPD PWRI Provinsi Babel, Maires Kurniawan pose bareng ketua organisasi pers Babel. (Yuda)

Selain itu tampak hadir ketua Himpunan Pewarta Indonesia (HPI) Provinsi Babel, Rikky Fermana, Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Provinsi Babel, Evan Satriadi serta wartawan senior, Ryan A Prakasa kini menjabat Sekjen IWO Provinsi Babel pun hadir.

Sebelumnya pun Rikky Fermana dalam sambutannya sempat mengatakan perihal Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Bahkan dirinya sangat mendukung setiap pewarta di Babel mengikuti UKW, hal ini dengan maksud meningkatkan profesionalisme seorang pewarta namun tetap menjunjung tinggi kode etik jurnalis (KEJ).

Foto : Ketua HPI Provinsi Babel, Rikky Fermana SIP. (Yuda)

“Justru yang menjadi polemik bukanlah persoalan pelaksaan UKW-nya namun pesyaratan teknis bagi pewarta yang hendak ikut UKW diwajibkan mesti bergabung dengan organisasi pers lainnya padahal yang kita ketahui pelaksanaan UKW bakal menggunakan dana APBD. Nah persoalan inilah yang menuai protes dari kalangan wartawan lainnya,” ujar mantan ketua Komisi Informasi Daerah (KID) Provinsi Babel dalam sambutanya.

Rikky pun menambahkan, dalam era reformasi ini diketahui jika berdasarkan UU Nomor : 40 Tahun 1998 tentang Pers disebutkan jika setiap pewarta berhak untuk memiliki organisasi yang dikehendaki.

Foto : Pimpinan media LintasanBerita.com & SpotBerita.com, Aas Asrori (paling kanan) pose bareng kepala BNNK Pangkalpinang (kedua dari kiri) dan pewarta. (Jess)

“Artinya di Bangka Belitung ini tidak cuma satu organisasi namun ada organisasi- organisasi lainnya yang memiliki hak yang sama pula. Dan hendaklah kondisi ini tidak menimbulkan kekhawatiran bagi pemerintah daerah namun sebaliknya tetap selalu bermitra dengan organisasi pers lainnya,” tegas Rikky.

Begitu pula dalam acara ini pun hadir Setwil  Forum Pers Independen Indonesia (FPPI) Ari Jaya serta ketua ormas Mada Laskar Merah Putih (LMP) Babel, Rizal Efendi dan perwakilan ormas Front Jaga Babel (FJB) pun turut pula hadir. (Yuda/Jess)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close