Bangka Belitung

Lewat Selembar Kertas Jaksa Ini Berikan Jawaban Soal Kasus Semelter Kepada Wartawan

PANGKALPINANG,LB – Pers atau wartawan adalah mitra bagi aparat penegak hukum khususnya aparat di institusi kejaksaan dalam upaya mewujudkan penegakan hukum di suatu daerah yang adil dan transparan.

Oleh karenanya dalam mewujudkan harapan tersebut antara pers dengan pihak kejaksaan diharapkan dapat saling bersinergi dengan baik.

Namun sebaliknya kondisi sinergisitas yang positip justru terkesan dikesampingkan oleh seorang jaksa penuntut umum (JPU) berdinas di intansi Kejaksaan Tinggi Provinsi Bangka Belitung (Kejati Babel), Hidayati SH.

JPU satu.ini (Hidayati SH) justru terkesan ‘menutup diri’ saat hendak ditemui di gedung Kejati Babel, Rabu (2/10/2019) siang sekitar pukul 11.00 WIB oleh para wartawan guna dikonfirmasi terkait perkara kasus ilegal mining oleh perusahaan semelter PT Bangka Tin Industry (BTI) dengan tersangka Serly Wanto (direktur operasional).

Sikap tak kooperatif terhadap para pegiat pers pun ditunjukan oleh Hidayati SH dengan cara menitip selembar kertas warna pink kepada Kasi Penkum Kejati Babel, Roy Arland SH yang berisikan soal penjelasan pasal pidana yang disangkakan JPU terhadap direktur operasional PT BTI (Serly Wanto).

“Ibu Hidayati kebetulan lagi sibuk jadi beliau tidak bisa ditemui wartawan. Jadi beliau hanya menitipkan ini ke saya,” jelas Roy singkat ditemui di gedung Kejati Babel, Rabu (2/10/2019) siang seraya menunjukan lembaran kertas itu di hadapan wartawan.

Seperti terbaca dalam lembaran kertas tersebut, Hidayati menerangkan singkat jika tersangka (Serly Wanto) dalam penanganan awal oleh pihak kepolisian justru tidak dilakukan penahanan oleh pihak kepolisian.

Selanjutnya dalam lembaran kertas yang ditulis melalui tulisan tangannya itu terbaca jika terkait kasus ilegal mining ini Serlywanto dijerat dengan pasal 159 Undang-Undang Minerba No 4 tahun 2009, dan ia jelaskan pula jika direktur operasional PT BTI ini telah ditahan pihaknya sejak 25 September 2019 lalu. (P Yuda)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close