Bangka Belitung

Masuk 7 Provinsi Riset Kesehatan Dasar Baik, Menkes Apresiasi Rencana Gubernur Babel Dirikan ATEM

Jakarta – Di bawah kepempinan Gubernur Dr. H Erzaldi Rosman, SE., MM, bidang kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengalami perkembangan yang pesat. Hal tersebut terbukti dengan masuknya Provinsi Babel menjadi salah satu dari 7 provinsi dari 34 provinsi di Indonesia yang pencapaian riset kesehatan dasarnya kategori baik.
Hal tersebut langsung dipaparkan gubernur di hadapan Menteri Kesehatan RI Prof. Dr. Nila Djuwita Moeloek saat digelar audensi di rang Ceut Mutia lantai 2 Kemenkes RI, Senin (1/7) pagi.
“Saat ini Babel termasuk dalam 7 provinsi dari 34 propinsi dengan capain riset kesehatan dasar yang baik,” kata gubernur di hadapan menteri.
Gubernur juga menyampaikan permasalahan pengembangan dunia kesehatan di Babel terletak pada sumber daya manusia seperti dokter spesialis dan sub-spesialis yang masih kurang. “Terutama di Kabupaten Bangka,” kata gubernur kepada menteri yang saat itu didampingi juga oleh Dirjen Yankes dan Kepala BKSDM.
Pada kesempatan yang sama gubernur mengingatkan bahwa selain ingin penambahan rumah sakit pratama di Bangka Tengah, juga ia menjelaskan ada kelanjutan pembangunan Gedung C yang nantinya dikembangkan untuk fasilitas kanker, di mana angka kanker di Babel mencapai 60% yang penderitanya berobat tidak ke rumah sakit. “Angka ini cukup tinggi dari angka nasional 20 persen,” sebutnya.
Tak lupa gubernur juga menyampaikan kemajuan RS Soekarno yang telah menjalin kerjasama dengan RSCM , RS Harapan Kita, RS Persahabatan dan RS M Husin Palembang. Menkes di kesempatan itu mengakui bahwa dari pantauannya sejak 2 tahun terakhir memang terjadi peningkatan dan peran yang signifikan dari RS Soekarno.

Menkes Apresiasi Ide ATEM
Dalam pertemuan tersebut Gubernur Erzaldi mendapat apresiasi yang sangat tinggi dan antusiasme yang besar dari Menteri Kesehatan kala gubernur menyampaikan rencana untuk bakal mendirikan Akademi Tehnik Elektromedis di Babel.
“Ini program yang mesti diutamakan,” kata Menkes usai mendengar paparan rencana gubernur. Saat itu juga Menkes langsung memberikan amanah ke Dirjen untuk mempercepat pendirian ATEM di Babel. Dan dalam waktu dekat Menkes juga akan berkunjung ke Pangkalpinang guna melakukan visitasi RS Soekarno, sekaligus meninjau persiapan untuk Oktober 2019 dalam rangka Kemah Kesehatan Jiwa Nasional di RSJ Provinsi Babel. Turut hadir dari pemrov Babel, drg Mulyono Susanto, Dr. Yeni Marlina SpPD Direktur RS Bangka Tengah, dr. H. Armayani Rusli SpB Direktur Rsud Prop, dr. Andri Nurtito Mars, direktur RS Jiwa, dr. Bahrun R Siregar Kadinkes Bangka Tengah. (*)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close