Bangka Belitung

Lahan Kritis ‘Disulap’ HPI Babel Jadi Panen Perdana Shorgum

PANGKALPINANG,LB —  Setelah sekian bulan menanam bibit pohon shorgum, akhirnya Rabu (29/5/2019) pengurus Himpunan Pewarta Indonesia Provinsi Bangka Belitung (HPI Babel) pun merasa bangga, lantaran 
bisa melaksanakan panen perdana tanaman yang dikelola di lahan kritis seluas 9 hektar (ha) milik pemerintah provinsi Babel.

“Syukur alhamdulillah kerja keras selama ini membuahkan hasil yang bermanfaat,” ucap Rikky Fermana SIP selaku ketua HPI Babel di hadapan para pewarta saat ditemui di lokasi tanaman shorgum di kawasan Parit Enam, Semabung Lama, Kota Pangkalpinang.

Diterangkan Rikky, sejumlah tanaman shorgum yang dipanen perdana oleh pihaknya untuk di lahan seluas 3 ha dari total luas lahan 9 ha tersebut dengan melibatkan pihak swasta dalam pengerjaan lahan kritis tersebut.

Dalam kegiatan panen perdana, pihak HPI Babel melibatkan sejumlah anggotanya termasuk Dan Subdenpom II/4-2  Bangka, Kapten CPM Supriyono termasuk Ketua Asosiasi Penggiat Sorghum Babel, Dr Deddy Hartady selaku Koordinator Tim Sorghum Babel yang juga mewakili Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Dulu lahan ini penuh dengan tanah galian tambang, tapi diratakan menggunakan semprotan air dan alat berat (PC), dan nanti habis lebaran kita juga akan ternak ikan,” terang Rikky.

Sementara Deddy Hartadi mengatakan jika sesungguhnya tanaman shorgum yang sedang dipanen pihaknya saat itu tak lain sebagai bentuk upaya pihaknya guna menunjukan bukti kepada masyarakat jika lahan kritis milik pemprov Babel ini dapat bermanfaat.

“Di lahan yang kritis pun sorghum bisa tumbuh tanpa dipupuk, memang sengaja tidak kita beri pupuk, kita mau membuktikan bahwa di lahan yang kritis pun sorghum bisa tumbuh, dan banyak juga manfaat dari sorghum, batangnya bisa diolah menjadi gula, buahnya bisa dijadikan beras atau tepung juga bisa, sorghum bisa tiga kali tahap dipanen,” jelasnya.

Oleh karenanya, ia berharap masyarakat Babel pun dapat menanam tanaman shorgum ini, terlebih saat ini sudah berdiri pabrik pengola shorgum yakni PT Duta berdomisili 
di daerah Puput, Kabupaten Bangka Tengah.
(Vito)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close