Bangka Belitung

Pasca Pemilu 2019Multago Ulama Se-Provinsi Bangka Belitung Serukan Jaga Kedamaian & Larang Aksi Inkonstitusional


BANGKABELITUNG,LB –  Menjaga situasi keamanan tak hanya tugas pihak aparat, namun setiap warga negara Indonesia pun wajib menjaga situasi kamtibmas di lingkunganya masing-masing.
Terlebih pasca Pemilu 2019 ini dikhawatirkan munculnya aksi-aksi oleh sekelompok orang-orang yang hendak mengadu domba, sehingga masyarakat pun terpecah rasa kesatuan dan persatuannya, tambah lagi maraknya berita-berita hoax yang menyebar di kalangan masyarakat.


Oleh karena itu, guna menyikapi situasi pasca pemilihan umum (Pemilu) 2019 ini, sejumlah tokoh agama maupun para ulama se-Provinsi Bangka Belitung, Jumat (17/5/2019) malam menggelar acara Multaqo Ulama Cendikia Muslim dan Pimpinan Pondok Pesantren Se-Provinsi Bangka Belitung.


Kegiatan tersebut bertempat di Grand Parai ball room hotel Sahid, Kota Pangkalpinang. Acara dimulai pukul 16.00 hingga 20.00 WIB. 
Acara ini digagas oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Bangka Belitung yang dipimpin ketua MUI Provinsi Bangka Belitung, DR Zayadi Hamzah M Ag.
Dalam sambutannya Zayadi mengajak para ulama di Bangka Belitung termasuk masyarakat agar senantiasa menjaga rasa persatuan & kesatuan serta ia mengingatkan agar masyarakat tidak melakukan aksi-aksi inkonstitusional.


“Mari kita bersama-sama jaga kedamaian provinsi Bangka Belitung ini,” ujar Zayadi di hadapan para ulama saat acara berlangsung.
Di sela-sela acara itu dilakukan deklarasi para ulama se-Provinsi Bangka Belitung secara bersama-sama.


Adapun butir-butir rekomendasi saat acara Multaqoh yang dibaca bersama-sama dan dipimpin langsung oleh ketua MUI Bangka Belitung yakni sebagai berikut ; 
1. Menegaskan kembali kesepakatan pendiri bangsa dan alim ulama bahwa NKRI adalah bentuk negara yang sesuai dengan Islam yang rahmatan lil alamin di Indonesia, pancasila adalah dasar negara dan falsafah bangsa.
2. Kami menghimbau umat iskam untuk bersama-sama mewujudkan stabilitas keamanan dan situasi kondusif, mengedepankan persamaan di atas perbedaan selama dan sesudah Ramadhan sehingga mampu menjalankan ibadah secara khusyuk, dan penuh berkah di provinsi kep Bangka Belitung.

3. Kami mengajak seluruh umat islam di provinsi kep Bangka Belitung untuk menaati tata peraturan dan perundang-undangan yang berlaku di seluruh wilayah NKRi sebagai pengajawantahan hubungan yang kondusif dan penuh rasa hormat kepada pemerintah yang sah karena sangat jelas diajarkan dalam tradisi agama islam.

4. Kepada umat islam di provinsi kep Bangka Belitung untuk tidak terpancing dalam melakukan aksi-aksi inkonstitusional, baik langsung maupun tak langsung, tindak inkonstitusional bertentangan dengan ajaran islam dan dapat mengarah kepada khidmatan bugat.
5. Kami mengumumkan kepada seluruh umat islam di provinsi kep Bangka Belitung bahwa kegiatan Multaqo akan dilakukan secara terus menerus dalam rangka mengawal implementasi kesepakatan yang disepakati hari ini, Multaqo akan segera dilaksanakan pada semester kedua 2019, kami mengajak seluruh umat islam di provinsi kep Bangka Belitung mekakukan sosialisasi hasil Multaqo melalui berbagai forum kegiatan. (Vito)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close