Bangka Belitung

Pendampingan Babinsa Suminto Menjadi Motivasi Petani Padi di Belitung

Belitung, LB – Kepedulian Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kodim 0414 Belitung untuk wilayah Desa Air Saga, Kabupaten Belitung, Sersan Kepala (Serka) Suminto, terhadap petani padi tampaknya perlu diacungi jempol.
Bagaimana tidak, anggota Kodim 0414 Belitung ini tak pernah lelah mendampingi para petani padi di Dusun Air Serku, Desa Air Saga, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung untuk mengembangkan bidang usaha pertanian padi.
Serka Suminto pun tak sungkan menyumbangkan tenaganya saat pengolahan tanah secara manual bersama petani yang tergabung dalam kelompok tani Suka Makmur.
“Tanah sawah yang dikelola kelompok Tani Suka Makmur di Dusun Air Serku Desa Air Saga seluas 10 hektar. Semuanya sudah ditanami padi dan dipelihara terus menurus oleh poktan Suka makmur bersama PPL setempat,” ujar Serka Suminto seijin Danramil 01 /Tanjungpandan Mayor Inf Trijoyo, Selasa (19/3).
Saat ini, Serka Suminto bersama tiga petani yakni Masad, Budi dan Asis sedang melakukan pengelolahan tanah untuk dipersiapkan tahap pembibitan padi.
“Lahan ini untuk masa tanam April Sampai dengan September nanti,” jelas Suminto.
Serka Suminto menerangkan, terdapat tiga macam jenis bibit padi yang akan ditanam yakni Mekongga, Ciherang dan Inpari.
“Penanaman padi akan dilakukan setelah tahap pengolahan dan pembajakan lahan. Untuk pembajakan lahan sangat didukung oleh air irigasi yang cukup lancar mengingat masih musim hujan,” jelasnya.
“Sedangkan untuk rencana pembajakan lahan akan dimulai pada rabu besok (20/3). Mohon doa kita bersama semoga apa yang kita lakukan dan kita kerjakan bersama kelompok Tani Suka Makmur berjalan dengan baik sesuai yang kita inginkan,” sambungnya.
Masad, salah satu petani mengungkapkan kehadiran Babinsa Serka Suminto merupakan motivator para petani untuk giat mengembangkan usaha pertanian padi.
“Saya dan rekan rekan petani di desa ini mengucapkan terima kasih yang sebesar besarny kepada Babinsa kami,” ujarnya. (rey)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close